14 Mar

kegiatan santri dipondok

 

Kegitan-kegiatan Pondok Pesantren As-saidiyyah 2 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Kegiatan tahunan:

  1. Wisuda Amsilati

Santri yg telah mendalami kitab amsilati (dasar ilmu baca kitab) akan diwisuda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ustadz diatas panggung. Acara tahunan ini biasanya diiringi dengan bakti sosial dan santunan anak yatim. Wali santri dan para pengasuh PPBU turut serta diundang dalam acara ini.

  1. Rojabiyah

Menyambut bulan Rajab, santri berkompetisi baik dibidang olahraga maupun seni. Lomba yang berlangsung antara lain : pidato, wirid, praktikum hadits, futsal, tarik tambang dll. Agenda ini sama sekali tidak mengganggu waktu belajar santri karena berlangsung saat kegiatan belajar mengajar libur yaitu jumat sore dan selasa sore.

  1. Wisata Religi

Setelah lengah dengan soal-soal ujian, santri berwisata religi ke makam para wali. Selain untuk berziarah, wisata religi berharap bisa merefresh otak para santri. Destinasinya antara lain adalah: wali 8, wali Madura, makam gusdur dll.

Kegiatan bulanan:

  1. Pengajian walisantri

Berlangsung setiap hari minggu awal bulan, wali santri mengkaji ilmu tasawuf “kitab kifayatul at-qiya” bersama pengasuh pondok. Kegiatan ini berharap bisa mempererat tali silaturrahim antara wali santri dengan pengasuh. Sekaligus sebagai kesempatan wali santri bertemu dengan buah hatinya.

  1. Khitobah

Santri dilatih untuk berpidato dan maju didepan teman-teman santri lainnya. Kegiatan yang dilakukan sebulan sekali ini bertujuan untuk melatih kebiasaan berbicara didepan umum agar kelak ketika sudah berhadapan dengan masyarakat para santri telah lihai.

  1. SJLD Santri

Santri berkumpul bersama moderator dan bintang tamu yang diundang untuk mengenal lebih dekat riwayat hidup dan peristiwa yang pernah dialami bintang tamu. Dengan kegiatan ini, diharapkan santri bisa mendapat ilmu pengetahuan maupun pelajaran hidup yang pernah dialami bintang tamu. Setelah usai, santri diperkenankan bertanya langsung dengan bintang tamu agar pelajaran yang didapat lebih matang. (belum sowan ibu)

  1. Nonton video

Santri berkumpul bersama moderator untuk melihat bersama video dalam layar proyektor disertai penjelasan moderator. Video yang diputar antara lain ialah: video motivasi, sejarah, biografi dll.

  1. Seminar

kegiatan membahas sebuah topik yang dibawakan oleh pembicara ini berharap bisa memperluas wawasan santri. Pembicara dalam kegiatan ini beragam. Mulai dari tokoh agama, pakar psikolog dll.

  1. Cerdas Cermat

Seluruh santri berkumpul dan dibagi menjadi 3 kelompok, kemudian berlomba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dibagi menjadi 3 babak. Soal-soal yang diajukan meliputi semua mata pelajaran disekolah dan pondok. Dengan kegiatan ini, diharapkan santri bisa mengasah ingatan tentang pelajaran yang telah lampau terlewati.

  1. Khotmi Qur’an

Santri berkumpul dimusholla untuk membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Teknis membacanya dengan dibagi setiap juz mewakili 1 santri (pasca), 2 santri (wustho), dan 3 santri (ula). Dengan kegiatan ini santri dilatih kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan tartil.

  1. Lalaran Amsilati

Semua santri berkumpul dengan membawa nadlom amsilati dan membacanya serentak.

Kegiatan mingguan:

  1. Ziaroh masayikh

Santri bersama-sama menuju makam para masayikh pondok pesantren untuk berziarah dan tahlil bersama. Kegiatan ini biasanya berlangsung pada hari jum’at pagi atau senin malam.

  1. Dhiba’

Santri bersama-sama membaca maulid dhiba’ dan sholawat nabi. Selain untuk mengingat riwayat kehidupan Rasulullah SAW, kegiatan ini juga bermanfaat untuk berlatih alat musik banjari.

  1. Istighosah

Dipimpin oleh imam yg bergilir setiap kamar, santri bersama-sama membaca bacaan istighosah. Kegiatan ini berfungsi untuk melatih kebiasaan berdzikir dan memanjatkan hajat kepada Allah SWT. 

لكفدثثغغ٥!خخحجثتت